SAMPAIKAN PENTINGNYA PEMBINAAN KEMANDIRIAN UNTUK NARAPIDANA, KANWIL KEMENKUMHAM BALI SELENGGARAKAN TALKSHOW TENTANG WARGA BINAAN

Salinan dari Salinan dari Salinan dari Salinan dari Salinan dari Salinan dari Kumham Cover WEB 2022

Denpasar - Melalui Talkshow Interaktif, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Bali menyampaikan informasi tentang Pembinaan Kemandirian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) bertempat di Warung Mina, Minggu (16/04).

Talkshow ini menghadirkan Pongliek Sudiantara sebagai host dan Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Bali, Gun Gun Gunawan serta Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kerobokan, Fikri Jaya Soebing sebagai narasumber pada kegiatan talkshow tersebut.

Kadiv Pemasyarakatan, Gun Gun Gunawan menyampaikan betapa pentingnya Pembinaan Kemandirian untuk Narapidana. Dengan adanya pembinaan, para warga binaan tentunya akan memperoleh "life skill" yang sangat berguna, mereka (WBP) mengisi hari-harinya dengan melakukan hal-hal yang berguna. Ada istilah dari sangkar menjadi sanggar. Yang dimana artinya Lembaga Pemasyarakatan bukan lagi sebuah penjara seperti pada masa penjajahan, namun sekarang sudah menjadi wadah untuk meningkatkan kreativitas dari warga binaan.

"Lembaga pemasyarakatan bukan lagi sebuah penjara seperti pada jaman dahulu, namun untuk membimbing warga binaan untuk menjadi manusia yang lebih baik dan meningkat kreativitas mereka. Ketika mereka sudah bebas nanti, secara skill mereka sudah siap, dengan kegiatan kemandirian yang mereka ikuti, secara mental memupuk pikiran yang positif sehingga siap diterima di masyarakat", ujar Gun Gun.

Gun Gun menambahkan bahwa Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) bertugas untuk membentuk warga binaannya agar dapat menjadi manusia yang lebih baik, menyadari kesalahan yang telah diperbuat, dapat memperbaiki diri serta tidak akan mengulangi tindak pidana yang pernah mereka lakukan sehingga mereka dapat berperan aktif dalam pembangunan bangsa dan negara.

Sejalan dengan yang disampaikan Gun Gun, Kalapas Kerobokan, Fikri Jaya Soebing juga menyampaikan bahwa Lembaga Pemasyarakatan merupakan tempat untuk melaksanakan pembinaan bagi para narapidana atau warga binaan pemasyarakatan. Sistem pemasyarakatan diselenggarakan dalam rangka membentuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) agar menjadi manusia seutuhnya, menyadari kesalahan, memperbaiki diri dan tidak mengulangi tindak pidana sehingga dapat diterima kembali oleh lingkungan masyarakat.

"Tugas dan fungsi Lembaga Pemasyarakatan salah satunya memberikan Pembinaan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau narapidana, guna mencapai tujuan Pemasyarakatan yaitu membentuk Warga Binaan Pemasyarakatan agar menjadi manusia swutuhnya, memperbaiki diri, tidak mengulangi tindak pidana, sehingga dapat diterima oleh lingkungan masyarakat." ucap Fikri.

WhatsApp Image 2023 04 16 at 22.10.18


Cetak   E-mail