TINGKATKAN KEIMANAN WARGA BINAAN SELAMA BULAN RAMADHAN, KADIVPAS BALI BUKA PESANTREN RAMADHAN DI LAPAS KEROBOKAN

Salinan_dari_Salinan_dari_Kumham_-_Cover_WEB_2022_7.jpg

Menyambut telah tibanya bulan Ramadhan, Lapas Kelas IIA Kerobokan menggelar Pembukaan Pesantren Ramadhan bertempat di Masjid At-Taubah Lapas Kerobokan, Selasa, 28 Maret 2023.

Kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Bali, Gun Gun Gunawan. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Perwakilan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama, Ketua MUI Provinsi Bali dan Pembina Yayasan Insan Pilihan.
Pembukaan Pesantren Ramadhan diikuti oleh pejabat Struktural, JFU dan JFT Lapas Kerobokan serta warga binaan pemasyarakatan yang beragama Islam.

Dalam kegiatan pesantren ramadhan ini menggandeng pihak ketiga yakni Yayasan Insan Pilihan dalam membina dan meningkatkan kualitas ibadah warga binaan.

Pelaksaan kegiatan diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran dilanjutkan sambutan dari Ketua Yayasan Insan Pilihan, Kalapas Kelas IIA Kerobokan, Perwakilan Kanwil Kemenag Bali, Ketua MUI Bali serta sambutan dari Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali yang diwakili oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan sekaligus membuka Pesantren Ramadhan.

Kepala Divisi Pemasyarakatan, Gun Gun Gunawan dalam sambutannya menyampaikan kegiatan Pesantren Ramadhan ini dilaksanakan dalam rangka implementasi dari UU No. 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan salah satunya dalam pembinaan kerohanian warga binaan.

“Kegiatan Pesantren Ramadhan ini dilaksanakan dalam rangka implementasi dari UU Pemasyarakatan yang baru yakni UU No. 22 Tahun 2022 tentang. Dalam UU tersebut diamanatkan pembinaan para narapidana selama menjalani masa pidana di lapas, salah satunya pembinaan kerohanian”, ujar Gun Gun.

Gun Gun juga berpesan kepada seluruh warga binaan agar tidak berkecil hati selama menjalani ibadah puasa di lapas.

“Berada di Lapas tidak selalu dalam konotasi negatif, banyak juga orang besar yang terlahir dari Lapas. Sisi positifnya teman-teman sekalian bisa lebih khusyuk menjalani ibadah selama bulan Ramadhan disini”, pesannya.


Cetak   E-mail