Optimalkan Layanan Informasi Kerja Sama, Karo Hukerma Harapkan Aplikasi P2MA Menjadi Media Informasi Kerja Sama Kemenkumham Menuju Informatif

BE593F16 07E0 468C A82B 5FD43102B8B5

BOGOR - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) melalui Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama (Hukerma) terus berkinerja secara optimal dalam pengelolaan dokumentasi naskah kerja sama dengan melaksanakan Kegiatan Rapat Koordinasi Kerja Sama  Dalam Negeri Dalam Rangka Optimalisasi Fungsi Aplikasi P2MA, bertempat di Ballroom Hotel Swiss-Belinn Bogor, Rabu (15/3/2023).

Kegiatan Rapat Koordinasi dihadiri oleh Kepala Biro (Karo) Hukerma Kemenkumham, Hantor Sitomorang, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat, R. Andika Dwi Prasetya beserta mitra kerja terkait dan diikuti oleh seluruh operator Aplikasi Penyimpanan dan Publikasi Kerja Sama (P2MA) mulai dari Unit Utama dan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM.

Membuka kegiatan Rakor ini, Karo Hukerma, Hantor Situmorang menyampaikan bahwa Kementerian Hukum dan HAM membutuhkan sistem penunjang untuk pengelolaan kerja sama dengan mitra. Sejak tahun 2021, Biro Hukerma membuat Aplikasi P2MA yang dapat menjawab permasalahan dalam pengelolaan kerja sama yang ada pada Unit Utama, Kantor Wilayah hingga pada tingkat Unit Pelaksana Teknis. Namun, data kerja sama belum sesuai ekspektasi dan belum ada keselerasan format kerja sama dan perlu adanya elaborasi terkait kerja sama. 

“Aplikasi P2MA diharapkan menjadi media informasi khususnya terkait kerja sama untuk Kementerian Hukum dan HAM menuju informatif”, terang Hantor.

Diakhir sambutannya, Hantor juga berpesean kepada seluruh peserta pengelola Aplikasi P2MA agar nantinya bisa menjadi diseminator dari seluruh kerja sama yang terdapat pada Satuan Kerja masing-masing.

Mendukung pernyataan Karo Hukerma, Kakanwil Kemenkumham Jabar, R. Andika Dwi Prasetya dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas pelaksanaan kegiatan yang diselenggarakan di Bogor, karena melalui kegiatan ini secara tidak langsung mampu menggerakan perputaran perekonomian khususnya di wilayah Bogor.

R. Andika menyampaikan bahwa dalam berkinerja, kerja sama merupakan suatu hal yang mutlak dilaksanakan untuk mencapai tujuan organisasi.

“Oleh karenanya, menjadi suatu hal yang penting untuk menata kerja sama yang terstruktur dan sistematis, agar dapat meminimalisir terjadinya miskomunikasi dalam pelaksanaan kolaborasi antar instansi”, pungkas Andika.

Selanjutnya, Kegiatan Rapat Koordinasi dilanjutkan dengan pemaparan materi dari mitra kerja terkait yakni dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Nasional Indonesia (BNI). 

Pelaksanaan  Kegiatan Rapat Koordinasi Kerja Sama  Dalam Negeri Dalam Rangka Optimalisasi Fungsi Aplikasi P2MA ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dimulai dari tanggal 15 Maret sampai dengan 17 Maret 2023, dimana pada hari kedua (16/03) seluruh peserta  operator Aplikasi P2MA melaksanakan kegiatan teknis pengisian dan evaluasi dari naskah kerja sama pada masing-masing satuan kerja untuk dimuat di Aplikasi P2MA, yang selanjutnya kegiatan ditutup pada hari Jumat (17/03) dengan penyampaian hasil pelaksanaan dan rekomendasi kedepan dalam pengembangan Aplikasi P2MA.


Cetak   E-mail