SECARA VIRTUAL, KAKANWIL KEMENKUMHAM BALI IKUTI UPACARA PERINGATAN DETIK-DETIK PROKLAMASI REPUBLIK INDONESIA

17_Upacara17_1.jpg

Denpasar - Rabu, 17 Agustus 2022, Kakanwil Kemenkumham Bali, Anggiat Napitupulu mengikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Republik Indonesia (RI) secara virtual bertempat di Kantor Wilayah Kemenkumham Bali. Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia mengambil tema "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat". Upacara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka tahun ini merupakan yang pertama kali mengundang masyarakat secara langsung sejak pandemi COVID-19.

Rangkaian upacara dimulai dengan penampilan paduan suara, okestra dan tarian daerah dari Ponorogo. Dilanjutkan dengan kirab budaya arak-arakan pembawaan duplikat Bendera Merah Putih dan Naskah Teks Proklamasi dari Monumen Nasional ke Istana Merdeka oleh paskibraka dengan menggunakan Kereta Kencana yang diiringi oleh pasukan kirab budaya, seperti drum band personel TNI/Polri, Paspampres, barisan Pertiwi Indonesia, dan perwakilan pelajar dari seluruh Indonesia.

Upacara peringatan detik-detik proklamasi ini dipimpin langsung oleh Bapak Presiden selaku Inspektur Upacara, yang dimulai dengan pembacaan Teks Proklamasi oleh Ketua DPD RI, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta kepada arwah para pahlawan, pembacaan doa dan pengibaran Bendera Merah Putih. Peringatan ini juga dimeriahkan dengan adanya atraksi udara dan flypast oleh pasukan Garuda Flight dan Nusantara Flight dari Gabungan TNI/Polri yang melintas di langit Istana Merdeka.

Pengibaran Bendera Merah Putih juga dilakukan di 77 titik bawah laut dengan terpusat di Kepulauan Seribu yang dilakukan TNI AL dan 828 penyelam yang terdiri dari prajurit TNI/Polri, pemerintah daerah, organisasi masyarakaf, klub penyelam, awak media dan masyarakat. Upacara peringatan diakhiri dengan hiburan lagu nasional, lagu daerah dan penghormatan kebesaran kepada Inspektur Upacara.

17_Upacara17_3.jpg

17_Upacara17_2.jpg


Cetak   E-mail