UPACARA PELANTIKAN DAN PENGAMBILAN SUMPAH ANGGOTA MAJELIS PENGAWAS DAERAH NOTARIS KABUPATEN BULELENG

 


23 mpdn 1SINGARAJA – Jum'at 22 Januari 2021, bertempat di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Singaraja, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali, Jamaruli Manihuruk melantik dan mengambil sumpah Majelis Pengawas Daerah Notaris (MPDN) Kabupaten Buleleng sebanyak 9 (sembilan) orang yang terdiri dari unsur akademisi, notaris, dan pemerintahan. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Pimpinan Tinggi Pratama Kantor Wilayah, Pejabat Administrasi Kantor Wilayah, Kepala Lapas Kelas IIB Singaraja, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja, Ketua Pengurus Daerah Ikatan Notaris Indonesia Kabupaten Buleleng, Ketua Dewan Kehormatan Notaris Daerah Kabupaten Buleleng, serta para undangan lainnya.

23 mpdn 2
Acara pelantikan tersebut diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, yang dilanjutkan dengan pengucapan sumpah dan janji dari para anggota MPDN. Setelah melakukan penandatanganan berita acara, Bapak Ka. Kanwil menyampaikan sambutannya kepada MPDN agar bertindak tegas dan cepat menindak notaris yang terbukti melakukan pelanggaran dengan tetap mengedepankan pembinaan, dikarenakan sebelumnya masih terdapat notaris yang diperiksa berkaitan dengan permasalahan hukum. Beliau mengharapkan agar kedepannya bisa meminimalisir permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh para notaris.

Di akhir sambutan, beliau sangat berharap MPDN mampu memposisikan diri sebagai pembina notaris, tidak sekedar sebagai pengawas yang mempunyai kewenangan memeriksa dan memberikan sanksi kepada notaris. Majelis Pengawas Daerah Notaris harus berhati-hati dalam menjalankan tugas penegakan hukum di bidang kenotariatan, jangan sampai penegakan hukum tersebut menuai kontroversi dan berujung penuntutan balik yang berakibat kontra produktif terhadap arah dan tujuan mulia dari penegakan hukum itu sendiri.


Cetak   E-mail