54 EKOR BURUNG “PERIT” SEMARAKAN PEMBUKAAN PEKAN OLAHRAGA HARI BHAKTI PAS KE-54 DI RUTAN BANGLI

Pelepasan 54 burung

Bangli - Serangkaian dengan pelaksanaan kegiatan selama Bulan Bhakti Pemasyarakatan pada Bulan April kali ini dibuka secara serentak dengan pembukaan pekan olahraga pada Lapas dan Rutan Senin (9/4) kemarin. Begitu halnya dengan Rumah Tahanan Negara Klas IIB Bangli yang melaksanakan Upacara Pembukaan PORHUTPAS (Pekan Olahraga Hari Ulang Tahun Pemasyarakatan) pada lapangan Rutan Bangli dengan bertindak sebagai Pembina Upacara ialah Kepala Rumah Tahanan Negara Klas IIB Bangli, Bpk. Diding Alpian dengan Tema “Kami Pasti”.

Namun, ada yang spesial dengan upacara kali ini yaitu dibuka dengan pelepasan 54 ekor burung “perit” (sejenis burung gereja di Bali) ke angkasa sebagai simbol sebuah kebebasan untuk memotivasi seluruh WBP bahwa masih ada harapan untuk kembali terbang bebas dan perkumpul bersama keluarga. Sebab, setiap jalan masuk pasti memiliki jalan keluar. Seperti yang disampaikan oleh Kepala Rutan Bangli dalam amanatnya dengan beberapa jargon yaitu “Selamat Tinggal Masa Lalu, Dekatkan Diri Pada Tuhan, Masa Depan Milik Kita”. Tarian Burung-burung berwarna biru di langit Rutan Bangli dilanjutkan dengan pemukulan bunyi kentongan semakin menambah semarak suasana. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan pertandingan volly yang diikuti oleh seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan Petugas.

Dalam moment ini Kepala Rutan Bangli, dalam amanatnya kepada seluruh pegawai dan WBP yang ikut serta dalam Upacara juga mengingatkan kembali filosofi biji kurma yang harus menerobos tumpukan batu agar bisa tumbuh kokoh sehingga walaupun banyak ujian dan cobaan yang dialami dalam hidup ini agar senantiasa untuk tidak pernah menyerah dan putus asa.


Cetak   E-mail