Kerusuhan pada Lapas Klas IIA Denpasar yang diikuti aksi bakar-bakaran oleh napi

 

Selasa  malam, tanggal 21 Februari 2012 sekitar pukul 23.45 Wita telah terjadi kerusuhan massal yang diikuti dengan amukan dan aksi bakar-bakaran oleh warga binaan pada Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Denpasar. Akibat kejadian tersebut, Ruang Ka. Lapas, Ruang KPLP, Ruang Staf dan Aula pada Lapas mengalami kerusakan yang sangat parah.

            Mengetahui kejadian tersebut pada pukul 01.00 Wita dini hari tadi (22/2/2012) Bapak Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali (Budi Harmanto) langsung turun ke lapangan yang didampingi oleh beberapa pejabat pada Divisi Pemasyarakatan, Waka Polda Bali dan Ka.Polres Badung.

            Rabu, 22 Februari 2012 pukul 06.05 Wita Tim Dalmas dan Petugas dari Polres yang lengkap dengan senjata tiba di Lapas Klas IIA Denpasar untuk melakukan pengamanan. Informasi sementara yang diperoleh terdapat napi yang mengalami luka-luka sebanyak 2 orang dan petugas Lapas dinyatakan dalam keadaan aman.

            Keadaan Lapas bisa kembali kondusif dan aman pada pukul 08.00 Wita dan dalam kejadian tersebut tidak ada  napi yang kabur. Wakil Bupati Badung juga tiba di tempat pada pukul 08.00 Wita dan mengambil beberapa tindakan mengenai kebutuhan pokok bagi napi seperti air minum, makanan dan air untuk mandi sementara ini ditalangi terlebih dahulu oleh Pemerintah Kabupaten Badung.


Cetak   E-mail